Monday, August 19, 2013

Sekilas tentang Pulau Karimun

Pulau Karimun adalah sebuah pulau kecil yang berada di perbatasan antara Indonesia dengan negara tetangga Singapura dan juga Malaysia. Karena kedekatannya dengan kedua negara tetangga tersebut, menjadikan Pulau Karimun merupakan salah satu tujuan wisata dari Mancanegara dan juga merupakan tempat transit bagi warga Pulau sekitarnya  yang ingin menuju ke Singapura maupun Malaysia. Pulau Karimun yang memiliki luas wilayah sekitar 139 km2 ini berada dibawah administrasi Kabupaten Karimun (Propinsi Kepri) yang sebagian wilayahnya telah ditetapkan sebagai salah satu wilayah tujuan Investasi dengan konsep FTZ (Free Trade Zone) bersama dengan Batam dan Bintan dengan sebutan BBK (Batam, Bintan, Karimun).

Kota Tanjung Balai adalah kota utama di pulau Karimun yang juga merupakan Ibukota dari Kabupaten Karimun. Kota Tanjung Balai yang di berada di pulau Karimun ini sering disebut dengan Tanjung Balai Karimun (TBK), hal ini perlu ditekankan karena di Propinsi Sumatera Utara juga terdapat sebuah Kota dengan nama yang sama yaitu Tanjung Balai Asahan.

Menuju ke Pulau Karimun

Transportasi Laut merupakan satu-satunya jalur transportasi untuk menuju ke Pulau Karimun. Terminal Ferry utama yang digunakan adalah Ferry Terminal Tanjung Balai Karimun yang berada di Pusat Kota Tanjung Balai.
Dari Kota Batam, kita dapat menggunakan Terminal Ferry Sekupang dengan banyak pilihan operator Ferry dan jadwal keberangkatan yang lebih padat, diantaranya adalah Mikonatalia, Dumai Express dan Batam Jet dengan waktu perjalan sekitar 60 menit. Disamping itu, kita juga dapat menggunkan Terminal Ferry Harbour Bay dengan menggunakan Kapal Mv. Oceanna yang memiliki 5 trip jadwal keberangkatan dengan 80menit waktu perjalanan.
Dari Tanjung Pinang, kita dapat menggunakan Operator Pelayaran Mv. Arena dari Terminal Ferry Sri Bintan Pura.
Dari Singapura, Terminal Ferry yang digunakan adalah Harbour Front dengan 4 trip keberangkatan setiap harinya dan waktu perjalanannya adalah sekitar 90 menit. 2 Operator Ferry yang melayani jalur Singapura-Karimun adalah Sindo Ferry dan Indo Falcon.
Dari Malaysia, kita dapat menggunakan Ferry Terminal Kukup maupun Ferry Terminal Puteri Harbour yang dekat dengan Legoland dan Hello Kitty Land.
Dari Jakarta, terdapat Kapal Km. Kelud yang melayani Transportasi antara Jakarta dan Karimun.
Beberapa Kota Lain di Pulau Sumatera seperti Selat Panjang, Dumai, Pekanbaru (Riau), Kuala Tungkal (Jambi) juga mempunyai akses jalur Transportasi Laut dari/ke Pulau Karimun.
Untuk mengetahui Jadwal Ferry yang menuju ke Pulau Karimun, Silakan lihat di artikel : Jadwal Kapal Ferry.

Angkutan Kota

Oplet adalah Angkutan umum utama di Pulau Karimun, Jalur Trayek angkutan umum tersebut diantaranya Tanjung Balai - Meral yang menggunakan warna Biru sebagai tanda pengenalnya sedangkan Tanjung Balai - Tebing menggunakan warna Coklat sebagai tanda pengenal jalur trayeknya. Tarif angkutannya adalah Rp. 4.000,-.
Selain Oplet, Bus juga merupakan salah satu angkutan yang penting di Pulau Karimun. Bentuk Bus Karimun sangat unik dan berbeda dengan Bus pada umumnya sehingga sangat cocok sebagai Icon khusus Pariwisata Karimun. Bus Karimun tidak mengambil penumpang seperti halnya Angkutan Umum Oplet, tetapi pada umumnya Bus Karimun dipakai oleh Masyarakat Karimun saat Rekreasi ke tempat Wisata, acara pernikahan dan sering juga di pakai sebagai Bus untuk mengangkut Wisatawan. Ojek (Sepeda Motor yang membawa Penumpang umum) juga terdapat di Pulau Karimun.

Tempat Wisata

Tempat-tempat Wisata alam yang terdapat di Pulau Karimun diantaranya adalah Pantai Palawan, Pantai Pongkar dan Air Terjun yang berada di Gunung Karimun (Gunung tertinggi di Propinsi Kepri) sedangkan Wisata Religius diantaranya adalah Mesjid Baitul Karim dan Vihara Sasana Diepa.

Hotel dan Tempat Penginapan

Hotel-hotel berbintang dan non-bintang serta tempat penginapan banyak terdapat di Pulau Karimun dan rata-rata mereka terfokus di pusat Kota Tanjung Balai Karimun seperti Holiday Karimun Hotel, Paradise Hotel, Aston Karimun Hotel, Paragon Hotel, Rasa Sayang Hotel, Hotel Maximillian dan masih banyak lagi.
Silakan klik : Hotel-hotel berbintang di Tanjung Balai Karimun (Alamat dan Nomor Teleponnya.



Tempat Belanja

Pulau Karimun tidak memiliki Shopping Center atau Mall yang besar, yang ada hanya Supermarket atau Departemen Store Swalayan seperti Padi Mas Department Store, Indo A Yani Swalayan & Department Store. Pusat Pembelanjaan dapat ditemukan di sepanjang Jalan Nusantara yang berbentuk Ruko (Rumah Toko). Hampir semua keperluan dapat ditemukan di Pusat Pertokoan Jalan Nusantara ini. Disamping Pertokoan di Jalan Nusantara, Jalan Ahmad Yani yang merupakan Jalan Utama di Kecamatan Meral Karimun (sekitar 20menit perjalanan dari Ferry Terminal dengan menggunakan Oplet) juga memberikan pengalaman berbelanja yang sama dengan Jalan Nusantara di Tanjung Balai Karimun.

0 comments:

Post a Comment