Friday, July 5, 2013

Informasi tentang Kota Batam

Barelang
Kota Batam adalah sebuah kota Industri dan Wisata yang memiliki populasi sekitar 1.128.610 jiwa (menurut Catatan Sipil pada bulan Juni 2013) dengan luas wilayah keseluruhan mencapai 2.950km2 (1.040km2 daratan dan 1,910km2 Lautan).  Kota Batam yang merupakan Kota dibawah administrasi Pemerintahan Daerah Propinsi Kepulauan Riau (KEPRI) ini memiliki 12 Kecamatan dan terdiri dari 329 pulau besar dan kecil diantaranya adalah Pulau Batam, Pulau Galang, Pulau Rempang, Pulau Galang baru, Pulau Bulan, Pulau Nipah dan ratusan pulau lainnya.

Pulau Batam yang merupakan pulau terbesar di Kota Batam ini memiliki luas sekitar 415 Km2 terhubung dengan pulau-pulau besar lainnya seperti Pulau Rempang (luas 165.83k Km2), Pulau Galang (luas 80 Km2 ) dan Pulau Galang Baru (luas 32 Km2) oleh beberapa Jembatan yang pada umumnya disebut dengan Jembatan BARELANG. Jembatan Barelang yang juga adalah Ikon Kota Batam ini terdiri dari 6 Jembatan yang menjadi penghubung 7 Pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Setoko, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Kata BARELANG diambil dari 3 Pulau besar yaitu BAtam, REmpang, dan gaLANG.

kota batamKota Batam yang terletak di perbatasan Indonesia Singapura dan Malaysia ini memiliki 5 Pelabuhan Feri Internasional yaitu Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Ferry Sekupang, Pelabuhan Ferry Harbour Bay (Batu Ampar), Pelabuhan Ferry Nongsapura (Nongsa) dan Pelabuhan Ferry Waterfront City. Untuk Rute dalam Negeri (Domestik), terdapat Pelabuhan Ferry Sekupang (Domestik), Pelabuhan Ferry Habour Bay dan Pelabuhan Ferry Telaga Punggur.
Kota Batam juga memiliki Transportasi Jalur Udara yaitu Bandara Internasional Hang Nadim yang melayani rute penerbangan Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Padang dan Palembang. Bandara Internasional Hang Nadim merupakan Bandara yang memiliki Standar Internasional dengan Landasan pacu yang panjangnya hingga 4000 meter, cukup untuk pesawat yang berbadan lebar seperti Boing 747.

Sebagai Kota Industri, tentunya Kota Batam memiliki banyak sekali kawasan Industri untuk menunjung aktivitas Industri yang juga merupakan tulang punggung perekonomian kota Batam. Kawasan-kawasan Industri tersebut antara lain Batamindo, Cammo, Citra Buana, Panbil dan masih banyak lagi. Industri-Industri yang ada di Kota Batam antara lain Industri Elektronika, Industri Galangan Kapal, Industri Tekstil, Industri Fabrikasi,  Industri Plastik, Industri Baja dan Industri lainnya. Beberapa Merek terkenal Internasional juga memiliki pabriknya di Kota Batam seperti Merek Panasonic, Epson, Sumitomo, Shimano, Schneider, Ciba Vision dan lain sebagainya.

Sebagai Kota Wisata, Batam memiliki tempat-tempat Wisata seperti Wisata Alam (Jembatan Barelang, Pantai Melur, Pantai Sekilak), Wisata Sejarah (Bekas Camp Pengungsian Vietnam) dan  Wisata Religi (Masjid Raya Batam Center, Maha Vihara Duta Maitreya, Patung Kwan Im KTM Resort). Resort yang menyediakan lapangan untuk Olahraga Golf juga banyak terdapat di Batam diantaranya adalah Batam Hills, Indah Puri, Southlinks Country Club, Palm Spring dan Tering Bay.
Untuk mendukung Kota Batam sebagai Kota Wisata dan Kota Industri, Hotel merupakan Fasilitas penting untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan dalam berwisata maupun berbisnis. Hotel-hotel Kota Batam memiliki Standar dan Kualitas yang tinggi sehingga mampu menjawab semua kebutuhan pebisnis dan wisatawan. Hotel-hotel tersebut antara lain Hotel Novotel, Hotel Harris, Hotel Harmoni, Hotel Pacific Palace, Hotel Planet Holiday, Hotel Panorama Regency dan yang lainnya.

shopping center batam
Pusat Perbelanjaan juga banyak terdapat di Kota Batam sehingga Kota Batam memiliki potensi sebagai Tempat Wisata Belanja. Pusat perbelanjaan yang besar banyak dan dikunjungi oleh penduduk lokal dan Wisatawan Domestik serta Wisatawan mancanegara diantaranya adalah Nagoya Hill Mall, Mega Mall, DC Mall, Kepri Mall, Harbour Bay Mall, Panbil Mall, Lucky Plaza dan Plaza Top 100.

Untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang cukup bagi Industri di Kota Batam, Pendidikan merupakan hal yang paling penting. Perguruan Tinggi di Kota Batam antara lain Universitas Terbuka Batam, Universitas Internasional Batam, Unversitas Putera Batam, Universitas Batam, Universitas Riau Kepulauan, Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Politeknik Batam. 

0 comments:

Post a Comment