Tuesday, August 4, 2015

5 Terminal Ferry Internasional di Kota Batam (Batam Center, Sekupang, Waterfront, Nongsapura dan Harbourbay)

Kota Batam memiliki 5 Terminal Ferry Internasional yang melayani rute perjalanan dari Kota Batam ke Negara-negara Tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Kelima Terminal Ferry Tersebut diantaranya adalah Terminal Ferry Sekupang, Terminal Ferry Batam Center, Terminal Ferry Nongsapura, Terminal Ferry Waterfront city dan Terminal Ferry Harbourbay. Kelima Terminal Ferry masing-masing memiliki kelebihan tersendiri terutama pada waktu perjalanan dan kedekatannya dengan wilayah yang ingin dicapai oleh para Traveller.


Berikut ini saya coba untuk membahas kelima Terminal Ferry tersebut sehingga mempermudah anda menentukan pilihannya. 

Ferry Terminal Batam Center

Batam Center merupakan pusat pemerintahan dimana kantor-kantor pemerintahan seperti Kantor Walikota, Kantor DPRD, Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kantor Bank Indonesia dan juga Kantor Imigrasi Kota Batam semua terpusat di sekitar wilayah Batam Center. Disamping kantor-kantor pemerintahan terdapat pula Mesjid Raya, Kantor Pos, Politeknik Batam, Sumatera Promotion Center, Megamall Shopping Center, Graha Batampos dan Sekolah Internasional Global yang letaknya berada tidak jauh dari Pelabuhan Ferry Batam Center ini. Hotel-hotel yang berdekatan dengan Terminal Ferry Batam Center diantaranya adalah Harris Hotel dan Harmoni One Hotel. 
Batam Center juga merupakan sebuah wilayah yang padat akan perumahan dan kawasan Industri. 
Ferry Terminal Batam Center ini melayani rute perjalanan dari Kota Batam ke Harbourfront Singapura, Stulang Laut Johor Bahru Malaysia, Pasir Gudang Johor Bahru Malaysia.
Waktu perjalanan yang diperlukan untuk mencapai Harbourfront Singapura adalah sekitar 1 jam, sedangkan ke Stulang Laut Malaysia memerlukan waktu perjalanan sekitar 1,5 Jam.
Beberapa Ferry yang melayani rute Ferry Terminal Batam Center ke Harbourfront Singapura adalah Majestic Fast Ferry, Batamfast Fast Ferry dan Sindo Fast Ferry. Sedangkan Ferry yang melayani rute Batam Center ke Stulang Laut Malaysia adalah Mv. Citra, Mv. Indomas dan Mv. Pintas Samudera.
Memerlukan waktu perjalanan sekitar 15-20 menit dari Nagoya ke Pelabuhan Ferry Batam Center dengan menggunakan Taksi.

Ferry Terminal Sekupang

Ferry Terminal Sekupang merupakan salah satu Ferry Terminal Internasional yang cukup lama di Kota Batam. Saat ini, Ferry Terminal Sekupang telah direnovasi sehingga memberikan pengalaman baru bagi para Traveler yang ingin berangkat maupun tiba di Ferry Terminal ini. Meskipun jarak Sekupang agak jauh dari Nagoya yaitu sekitar 30 menit perjalanan, namun Ferry Terminal Sekupang lebih dekat dengan wilayah Batu Aji, Tiban dan Tanjunguncang. Waktu Perjalanan dari Pelabuhan laut Sekupang ini ke Harbourfront Singapura juga cukup dekat, hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 45 menit dengan Ferry. Kapal-kapal Ferry yang melayani rute Sekupang - Harbourfront diantaranya seperti Majestic Fast Ferry, Sindo Fast Ferry dan juga Batam Fast Ferry.
Ferry Terminal Internasional Sekupang ini juga berada sangat dekat dengan Pelabuhan laut Domestik yang melayani rute perjalanan ke beberapa pulau dan kota lainnya seperti ke Tanjung Balai Karimun, Tanjung Batu, Selatpanjang, Buton dan juga Dumai.
Salah satu Resort terkenal di Kota Batam yaitu KTM Resort juga berada sangat dekat dengan Pelabuhan Sekupang ini.

Ferry Terminal Waterfront City

Waterfront City adalah salah satu kawasan wisata yang cukup lama berada di kota Batam. Kita dapat menikmati indahnya Sunset Matahari dan pemandangan Singapura di Pantai Marina Waterfront city. Hampir semua Kapal Ferry yang berhenti di Sekupang juga berhenti di Waterfront city.
Namun jarak antara Waterfront city ke Nagoya cukup jauh, kira-kira memerlukan waktu perjalanan sekitar 35-40 menit dengan menggunakan Taksi.
Tetapi jika kita ingin ke Tanjunguncang yaitu salah satu kawasan Industri galangan kapal, maka Ferry Terminal Waterfront city merupakan salah satu Pelabuhan laut yang dapat dipertimbangkan.

Ferry Terminal Nongsapura

Ferry Terminal Nongsapura terletak di kawasan Nongsa yang memang ditujukan untuk berekreasi. Di Nongsa banyak terdapat lapangan Golf dan juga Hotel-hotel berbintang 4 dan 5. Hotel-hotel tersebut diantaranya seperti Hotel Batam View, Hotel Nongsa Point Marina Resort, Hotel Turi Beach Resort dan satu-satunya Hotel berbintang 5 di Kota Batam yaitu Hotel Montigo Resort Nongsa. 
Perlu diingat bahwa Pelabuhan laut Nongsapura hanya menuju ke Tanah Merah Ferry Terminal Singapura. Jadi jika anda ingin ke Singapura tujuan Harbourfront Ferry Terminal, anda tidak dapat memakai Ferry Terminal ini.
Waktu perjalanan dari Nongsapura ke Tanah Merah cukup cepat, yaitu sekitar 40 menit saja.
Tetapi dari Nagoya ke Nongsapura perlu memakan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan Taksi.

Ferry Terminal Harbourbay Batam


Ferry Terminal Harbourbay terletak di Batu Ampar yang berada sangat dengan pusat kota Batam yaitu Nagoya dan Jodoh. Hanya beberapa menit saya kita telah tiba di Nagoya dengan Taksi. Di Komplek Harbourbay, terdapat Pelabuhan Domestik Harbourbay tujuan Tanjung Balai Karimun dan Pusat Perbelanjaan Harbourbay Mall serta Hotel-hotel seperti Swissbel Hotel dan Amir Harbourbay Hotel. Waktu perjalanan laut dari Harbourbay ke Harbourfront Singapura adalah 60 menit dengan menggunakan Horizon Fast Ferry.
Pelabuhan laut Harbourbay ini melayani jalur ke Harbourfront Singapura dengan Horizon Fast Ferry dan juga ke Stulang Laut Malaysia dengan menggunakan Mv. Mutiara Mas.
Waktu perjalanan laut dari Harbourbay ke Harbourfront Singapura adalah 60 menit dengan menggunakan Horizon Fast Ferry. Sedangkan perjalanan ke Stulang Laut Johor Bahru Malaysia memakan waktu sekitar 90 menit.
Bagi yang senang makan Seafood, di Komplek Harbourbay juga terdapat Food court yang menyajikan aneka makanan seafood.   

0 comments:

Post a Comment